Whatsapp-Button

Gerakan Kampung Membaca Episode 3

0

Di tengah pergaulan remaja zaman sekarang, ternyata masih ada sekelompok anak muda yang mGambarau menyebar virus postif dalam kegiatan Gerakan Kampung Membaca. Memahami pentingya membaca, maka melalui Gerakan Kampung Membaca anak-anak muda tersebut senantiasa memberikan semangat bagi diri dan sekitar untuk mengunjungi beberapa kampung dengan membawa buku, membawa cerita serta membawa keceriaan untuk dibagikan kepada masyarakat Cipariuk. Seperti pada hari Jum’at (18/10), anak-anak muda yang terhimpun dalam Komunitas Ngejah bergerak dengan modal semangat dan niat yang tinggi untuk melaksanakan GKM (Gerakan Kampung Membaca) episode#3 di Kampung Cipariuk tepatnya di pelosok desa perbatasan Sukawangi-Mekartani.
Pukul 13.00 WIB, relawan Gerakan Kampung Membaca sudah berkumpul di Saung Komunitas Ngejah. Dengan mengendarai kendaraan roda dua mereka bergerak. Mulanya jalan raya, kemudian jalan bebatuan, hingga jalan setapak yang harus dilewati sebelum sampai di lokasi. Sekitar 30 orang anak kecil dan remaja sudah berkumpul untuk mengikuti kegia GKM episode#3. Tiba-tiba angin kencang dan hujan lebat menyambut kedatangan kami. Beruntung para relawan sudah memasuki sebuah madrasah tempat yang akan digunakan untuk penyelenggaraan kegiatan GKM episode#3. Selepas kegiatan pembukaan yang dipimpin oleh Kak Saepul Millah dengan cara membacakan Bismillah secara bersama-sama, Kak Iwan Ridwan mencoba bersecita dengan tema “IBU I MISS YOU SO MUCH”. Seluruh peserta terpaku menyimak cerita tersebut, mungkin mereka larut dalam cerit. Acarapun semakin meriah ketika kak Dede Rofi menyuguhkan sebuah dongeng dengan tema “Jangan Pernah Merendahkan Seseorang.” Melalui dongeng yang mengisahkan Harimau, Lalat dan Laba-laba, tersingkap sebuah kisah bahwa tak ada seorangpun yang benar-benar jago, setiap mahluk pasti memeiliki titik lemah. kak Riska dan Kak Sinta pun tak mau kalah, mereka langsung menyambung dengan beberapa dongeng lagi yang membuat acara begitu hangat.
Acara intipun kemudian dimulai, masing-masing peserta GKM episode#3 memilih buku atau majalah yang disediakan relawan Komunitas Ngejah. Beberapa orang anak yang belum mampu membaca dengan lancar, kemudian dibimbing oleh kakak-kakak relawan. Setelah kurang lebih selama 60 menit kegiatan membaca berlangsung. Kak Ruli bersama Kak Iwan dan Kak Saeful Millah kemudian mengahangatkan suasan dengan kegiatan kuis. Masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk menunjukan salahsatu provinsi sesuai intruksi pada peta yang disediakan para relawan. Setiap orang yang mampu menjawab mendapat hadiah berupa buku gambar dan buku tulis.
Adzan Ashar berkumandang. Seluruh peserta bergegas mengambil air wudlu untuk melaksanakan sholat berjama’ah di mesjid. Seusai sholat berjama’ah, acara dilanjutkan kembali dengan kegiatan membaca bersama-sama. Tak terasa waktupun menunjukan pukul 16.45, hari telah sore, para peserta menutup kegiatan dengan bacaan hamdallah dan foto bersama.

Penulis: Vita Sizu (Siswi SMA 20 Garut bergiat di Komunitas Ngejah), Dede Rofi (Siswa SMK Riyadlul Huda bergiat di Komunitas Ngejah), Ai Erviani (Pegiat Komunitas Ngejah)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?