Whatsapp-Button

Gerakan Kampung Membaca Episode #2

0

Seperti kesepakatan sebelumnya, Gerakan Kampung Membaca Episode#2 berlokasi di Kampung Pasirwaja Ds. Sukawangi Kec. Singajaya Kab.Garut. Hari ini, Selasa, 08 Oktober 2013 berbekal semangat berbagi, kami para para pengurus TBM aiueo siap bergegas menyebarkan virus membaca. Relawan GKM episode#2 yang terdiri Kak Iwan Ridwan, Kak Saeful Millah, Kak Vita Sizu, Kak Riki, Kak Hilman dan Kak Sifa berkumpul pada pukul 13.00 di Saung.

Setelah menempuh perjalanan selama 30 menit, kami tiba di Kampung Pasirwaja. Sekitar 30 orang peserta GKM episode# 2 sudah tampak berkerumun di halaman Madrasah. Para peserta GKM episode#2 berasal dari kalangan anak-anak Sekolah Dasar, SMP/MTs, dan umum bahkan dari golongan orang tua juga. Setelah acara pembukaan yang terdiri dari sambutan perwakilan pasukan Komunitas Ngejah yang diisi oleh Kak Iwan dan Kak Saeful Milah, salahseorang tetua kampung memberikan sambutan dengan berapi-api. Menurutnya kegiatan ini akan bermanfaat bagi anak-anak Kampung Pasirwaja. Dari kata-kata yang beliau lontarkan, ada sebuah dukungan yang terpancar. “Dari pada keluyuran ya mending baca, biar mereka pintar-pintar. Saya sangat mendukung kegiatan ini digelar di kampong kami.” Begitu selorohnya sebelum mengakhiri sambutannya.

Setelah kegiatan pembukaan tanpa basa-basi buku-buku yang kami sediakan segera mereka baca. Kebanyakan peserta lebih tertarik dengan buku-buku cerita, sayang kami tidak memiliki koleksi buku cerita dengan jumlah banyak. Oleh karena itu, beberapa orang yang tidak kebagian buku cerita kami arahkan untuk membaca buku lain seperti buku pelajaran, dan buku puisi. Sebelum acara ditutup, beberapa orang peserta mencoba membacakan puisi-puisi yang mereka tulis.

Adzan Ashar berkumandang, akhirnya kami menutup kegiatan dengan bacaan Hamdalah bersama-sama dan melakukan photo bersama. Selepas melaksanakan sholat berjamaah, beberapa orang peserta sempat kami ajak berbincang. Seorang anak yang mengaku sekolah di SDN 3 Sukawangi mengatakan bahwa ia akan dating berkunjung ke saung Komunitas Ngejah untuk membaca buku cerita. Sekitar pukul 16.00, kami pun pulang, dengan membawa kebahagiaan. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk kemajuan di kampung kami.

Penulis:Riki Permana (Pegiat Komunitas Ngejah, bekerja menjadi TU di SMK Pst. AL-Huda Bojonggambir)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?