Whatsapp-Button

12 Buku Cerita Anak untuk Membangkitkan Cinta Tanah Air Indonesia

0

12 Buku Cerita Anak untuk Membangkitkan Cinta Tanah Air Indonesia

12 Buku Cerita Anak Pilihan untuk Membangkitkan Cinta Tanah Air


Mendekatkan anak-anak dengan buku sejak usia dini adalah langkah penting dalam membentuk minat baca dan pengetahuan mereka. Selain itu, memilih buku yang tepat juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan anak-anak pada keindahan dan kekayaan budaya serta alam Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan 12 buku cerita anak yang dapat membantu mengembangkan rasa cinta tanah air Indonesia pada anak-anak.


1. "Krauk! Krauk!"



Krauk! Krauk!

Bercerita tentang seorang anak yang ingin memenangkan lomba makan kerupuk, buku ini ringan, lucu, dan menghibur. Cocok untuk dibaca pada momen perayaan Hari Kemerdekaan RI. Dengan cerita dan ilustrasi yang kuat, buku ini akan memikat hati anak-anak.


2. "Rotan Pun Jadi"



Rotan Pun Jadi

Cerita sederhana tetapi penuh makna tentang kehidupan anak-anak dari keluarga pengrajin rotan. Buku ini akan membantu anak-anak memahami nilai-nilai tentang alam Indonesia yang kaya dan unik.


3. "Lusi dan Aplena dari Teluk Mayalibit, Raja Ampat"



Lusi dan Aplena

Buku ini menceritakan tentang keindahan alam di Papua Barat dan pentingnya menjaganya. Selain itu, buku ini juga merupakan bagian dari gerakan "Buku untuk Papua," yang berfokus pada peningkatan literasi anak-anak di Papua.


4. "Kita Semua Pahlawan"



Kita Semua Pahlawan

Buku ini membantu anak-anak memahami konsep pahlawan dalam konteks pandemi COVID-19. Diterbitkan oleh Lunamira Doodle, buku ini membantu menjelaskan siapa-siapa yang bisa menjadi pahlawan selama pandemi.


5. "Joko dan Jenar Jalan-Jalan"



Joko dan Jenar

Cerita ini mengangkat tema persaudaraan dan inklusivitas, dengan mengisahkan dua saudara, Joko dan Jenar, yang berbeda agama. Meskipun berbeda, mereka tetap berteman dan bermain bersama.


6. "Menek wit Jambu"



Menek wit Jambu

Buku ini ditulis dengan bahasa Jawa, membantu anak-anak yang masih menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pertama mereka. Buku ini juga memasukkan aksara Jawa dan tersedia dengan terjemahan bahasa Indonesia.


7. "Mengenal Jajajan Nusantara"



Mengenal Jajajan Nusantara

Selain mengisahkan petualangan dua anak yang membeli jajanan nusantara, buku ini juga memungkinkan anak-anak untuk merasakan tekstur gambar-gambar jajanan tersebut. Ini adalah cara yang baik untuk memperkenalkan anak pada budaya dan makanan Indonesia.


8. "Ya, Kami Berbeda"



Ya, Kami Berbeda

Buku ini mengajarkan pesan tentang keragaman dan persahabatan melalui cerita tentang 8 anak yang berbeda-beda dalam hal kesukaan.


9. "Lalita"



Lalita

Buku ini memperkenalkan anak-anak pada tokoh perempuan Indonesia yang cemerlang dan menginspirasi, yang telah mengharumkan nama bangsa melalui berbagai bidang.


10. "Yuk Jalan-Jalan"



Yuk Jalan-Jalan

Buku ini membawa anak-anak dalam perjalanan virtual ke berbagai kota di Indonesia melalui buku pop-up yang menarik.


11. "Kanchil Kisah Sebenarnya"



Kanchil Kisah Sebenarnya

Melalui buku ini, anak-anak akan melihat kisah Kancil dari sudut pandang yang berbeda, membantu mereka memahami bahwa tidak selalu seperti yang terlihat.


12. "Mata"



Mata

Seri petualangan "Mata" membawa anak-anak dalam perjalanan yang mendebarkan di seluruh nusantara, mengajarkan mereka tentang berbagai tempat dan budaya di Indonesia.


Dengan memilih buku-buku ini, Anda dapat membantu anak-anak Anda mengembangkan rasa cinta pada tanah air Indonesia sambil juga merangsang minat mereka dalam membaca. Jangan ragu untuk menjelajahi koleksi buku-buku ini dan membacanya bersama anak-anak Anda untuk pengalaman belajar yang lebih mendalam. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda memilih buku cerita yang tepat untuk anak-anak Anda.


Referensi: https://kumparan.com/kumparanmom/review-buku-cerita-anak-lusi-dan-aplena-dari-teluk-mayalibit-raja-ampat-1wd6owwNBb5

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?