Whatsapp-Button

Gerakan Kampung Membaca Episode 4

0

“Tak ada alasan untuk berhenti, virus ini harus terus disebar” begitu tutur Ruli Lesmana dalam persiapan Gerakan Kampung Membaca episode#4 di Saung Komunitas Ngejah. Hari ini, Sabtu 26 Oktober 2013 relawan Gerakan Kampung Membaca kembali akan mengunjungi Kampung Pasirwaja. Setelah semua tim GKM episode#4 yang terdiri dari Iwan Ridwan, Ruli Lesmana, Budi,Vita, Sinta dan Nurhakiki berkumpul di saung Komunitas Ngejah, tim langsung menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke lokasi.

Kali ini dikarenakan kendaraan untuk menuju lokasi tidak cukup, akhirnya semua tim sepakat menuju lokasi kegiatan dengan berjalan kaki bersama-sama. Tim relawan memilih jalan setapak, dengan medan jalan yang cukup menantang, selain melewat persawahan yang sangat becek, tim juga harus melalui jalan yang naik turun. Waktu perjalanan sekitar tiga puluh menit, dan akhirnya tim pun sampai dilokasi. Raut wajah ceria anak-anak peserta GKM episode#4 menyambut tim relawan. Rasa lelah yang dirasakan oleh tim pun sirna setelah melihat antusias dari anak-anak.

Melihat semua peserta sudah siap, tim relawan melalui Riska Abdul Wahid segera membuka acara dengan mengajak seluruh peserta membacakan Bassmallah bersama. Acara pembukaan selesai, koordinator lapangan dari GKM yaitu Ka Iwan Ridwan memberikan penjelasan tentang makna yang terkandung dalam lambang dari Negara Indonesia. Seluruh peserta begitu tertarik dengan penjelasan ini.

Acara pun semakin meriah, tatkala persiden dari Bina Prestasi Bandung yaitu Ka Budi Iskandar ikut mengisi acara denga memberikan motivasi kepada anak- anak tentang pentingnya membaca, serta memberikan permainan konsentrasi. Pada Kesempatan ini anak-anak terlihat sangat bersemangat ketika mengikuti langkah demi langkah dari permainan yang diintruksikan oleh Ka Budi. Waktupun terasa berlalu lebih cepat, suara adzan Ashar sudah berkumandang, tim pun memutuskan untuk melaksanakan shalat berjamaah bersama peserta.

Shalat selesai, acarapun dilanjutkan kembali dengan membaca bersama. Anak-anak serentak memilih buku yang akan mereka baca sesuai dengan kegemaranya masing-masing. Kegiatan membaca bersama berlangsung sekitar setengah jam. Kemudian tim relawan memberikan kesempatan kepada para peserta untuk memberikan ulasan mengenai apa yang mereka baca. Dalam hal ini, salah seorang perwakilan dari peserta yang bernama “Lulu” unjuk tangan untuk memberikan ulasan intisari dari buku yang ia baca. Sebagai apresiasi dari keberaniannya, Lulu mendapatkan hadiah dari tim GKM berupa buku gambar dan sebuah poster.

“Horeeee…” pekik anak -anak kegirangan saat tim dari GKM memberikan pemberitahuan bahwa acara akan dilanjutkan dengan permainan yang tempatnya dilaksanakan di luar ruangan, mereka terlihat lebih bersemangat sekali karena di dalam permainan tersebut terdapat banyak hadiah yang sangat menarik sekali bagi mereka yang bisa mengikuti permainannya dengan baik dan dengan konsentrasi penuh.

Waktu sudah menunjukan pukul 17.00. Haripun sudah terlihat gelap, itu tandanya acara GKM untuk episode #4 di Pasirwaja sudah selesai. Acarapun diakhiri dengan pemberian hadiah kepada anak- anak yang beruntung dalam permainan tersebut dan dilanjutkan dengan acara photo bersama.

Iwan Ridwan (Staf Pengajar MI RIyadlul Huda, bergiat di Komunitas Ngejah)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?