Whatsapp-Button

Saung Komunitas Ngejah: Tempat Belajar dan Meningkatkan Minat Literasi

0

Di Kampung Sukawangi, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, terdapat sebuah saung komunitas yang dikenal dengan nama “Saung Komunitas Ngejah”. Saung ini didirikan oleh sekelompok anak muda dari Komunitas Ngejah yang ingin memperkenalkan kebiasaan membaca serta menumbuhkan minat literasi di kalangan masyarakat. Saat ini, saung Komunitas Ngejah telah menjadi tempat baca dan peminjaman buku bagi masyarakat yang ingin belajar.

Selama tiga tahun berjalan, Komunitas Ngejah mendirikan sebuah kelompok belajar bernama Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Celah Cahaya. Kini, saung Ngejah digunakan juga sebagai tempat belajar bersama warga belajar. Peserta PKBM Celah Cahaya terdiri dari mereka yang putus sekolah, tidak sempat sekolah, dan sekarang belajar mengambil Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA. Mereka datang ke saung Ngejah dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang.

Warga belajar PKBM Celah Cahaya belajar di saung Komunitas Ngejah. Mereka mempelajari berbagai topik, mulai dari ilmu pengetahuan alam, sejarah, dan sastra. Selain itu, mereka juga belajar keterampilan praktis, seperti menjahit dan memasak.

Kegiatan belajar di saung Komunitas Ngejah berlangsung dengan sangat menyenangkan. Para peserta belajar saling bertukar ide dan pengalaman, serta saling membantu untuk mengatasi kesulitan dalam belajar. Para tutor juga datang untuk memberikan ilmu kepada peserta belajar di PKBM Celah Cahaya.

Setiap harinya, selain menjadi tempat peminjaman buku dan membaca, saung Komunitas Ngejah juga digunakan sebagai tempat kegiatan belajar bagi PKBM Celah Cahaya. Saung Ngejah menjadi tempat yang nyaman untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat Desa Sukawangi.

 

Penulis:
Ruli Lesmana

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?