Whatsapp-Button

# Edisi Kabar dari Sekolah (Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Bojonggambir)

0

Proses Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Periode 2014/2015
Proses Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda Periode 2014/2015

Dalam upaya pembelajaran demokrasi kepada para siswa sejak dini, SMK Nashirul Huda Bojonggambir menggelar Pemilihan Ketua OSIS secara langsung di Lapangan Serbaguna SMK Nashirul Huda pada hari senin 15 Desember 2014. Kegiatan pemilihan yang dilaksanakan sebagaimana pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 ini di awali dengan pemilihan MPK pada hari sebelumnya yang kemudian di lanjutkan dengan adanya seleksi Bakal Calon (BALON) Ketua Osis SMK Nashirul Huda Bojonggambir periode 2014/2015. Setelah terpilihnya bakal calon dilanjutkan dengan penyampaian orasi dari para Calon Ketua OSIS dan di sambut meriah oleh seluruh siswa yang lain.
Mekanisme pemilihan Ketua OSIS di SMK Nashirul Huda seperti ini merupakan agenda tahunan Pengurus OSIS sejak tahun 2010. Setiap siswa bergantian memberikan hak suaranya sebagaimana layaknya masyarakat memberikan hak suaranya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden. Pemberian hak suara dari para siswa dimulai dari kelas X RPL A secara bergantian dan secara kebetulan pelaksanaan kegiatan ini tidak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dikarenakan sudah dilaksanakannya UAS, sehingga pembelajaran tidak efektif.

Hasil Perolehan Suara Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda
Hasil Perolehan Suara Pemilihan Ketua OSIS SMK Nashirul Huda


Mungkin metode pemilihan ini bukan hal yang unik namun yang pasti bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi siswa sekolah terutama siswa setara SMA/SMK/MA karena secara usia sudah mendekati waktu usia memilih (17 Tahun). Metode yang digunakanpun agak berbeda yaitu dengan menuliskan nama calon ketua OSIS yang mereka jagokan di kertas yang sudah disediakan oleh panitia dan setelah menuliskan nama Calon dimasukan ke dalam kotak suara. Untuk mennsiasati pemilih ganda panitia melakukannya dengan absensi siswa perkelas.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Efe Syafe’I mengatakan “Pemilihan seperti ini merupakan pembelajaran demokrasi secara langsung bagi seluruh siswa SMK Nashirul Huda. Sehingga kedepannya siswa sudah terbiasa dalam menghadapi Pemilu”. Dan semua calon pun menerima hasil suara yang mereka peroleh dengan hasil terpilihnya Atep Muhammad Ikhsan (Perwakilan Kleas XI RPL A) sebagai Ketua OSIS SMK Nashirul Huda periode 2014/2015.***(RN)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?