Whatsapp-Button

Belajar di BAPUSIPDA Garut

0

Ilmu harus terus dicari, sebagaimana sebuah hadits yang mengatakan “Carilah Ilmu walau sampai ke Negeri Cina”. Hadits ini menegaskan, bahwa jarak bukan halangan untuk mencari ilmu, jika memang masih mungkin ditempuh. Berbekal kesadaran itu dan guna meningkatkan kemampuan pengadminstrasian koleksi buku TBM aiueo Komunitas Ngejah, Ketua TBM aiueo Komunitas Ngejah serta para pengurus bersepakat untuk mengadakan mengadakan kunjungan dan belajar tentang tata cara pengadminstrasian buku di BAPUSIPDSA Kab. Garut.

di Bapusipda

Setelah berkoordinasi dengan Kepala dan Sekretaris Bapusipda, serta adanya kesepakatan waktu, empat orang relawan TBM aiueo Komunitas Ngejah yang terdiri dari Ruli Lesmana, Dede Rofi, Ai Erviani dan Iwan Ridwan berangkat, untuk belajar di Perpustakaan Kabupaten Garut. Selama tiga hari yakni dari tanggal 10-12 September 2014, empat orang relawan tersebut tinggal dan menetap di Garut.

Hari pertama pelatihan diisi dengan materi tentang klasifikasi dan pengkodean oleh Bapak Wawan Ruswandi. Pada sesi ini beliau menyatakan bahwa klasifikasi dan pengkodean adalah cara untuk mempermudah mencari buku yang diperlukan. Beliau juga menjelaskan mengenai sepuluh kelas utama dalam klasifikasi Dewey.

Hari ke-dua diisi oleh materi sirkulasi buku oleh Bapak Asep. Pentingnya memahami materi sirkulai yakni berkaitan dengan pengadminstrasian khususnya dalam peminjaman dan pengembalian buku yang dicatat pada buku induk.

Hari ke-tiga diisi oleh kegiatan praktek tentang pengklasifikasian, pengkodean dan sirkulasi buku. Pada hari ke-tiga ini, para relawan mulai memahami materi yang dipelajari. Ruli Lesmana mengeaskan bahwa praktek langsung lebih memudahkan ketimbang mempelajari teori.

Bapusipda..

Selain itu, sebagai tambahan materi, Bapak Yiyi yang juga pegawai BAPUSIPDA Garut, beliau mengajarkan kami bagaimana cara penyampulan buku yang baik dan benar. Selepas itu kami berbincang tentang perpustakaan dan bagaimana supaya masyarakat berminat terhadap perpustalaan tersebut. “Tentang mengelola perpustakaan itu sebenarnya sangatlah mudah jika dikerjakan dengan niat dan keinginan yang bersungguh-sungguh, hanya yang sulit adalah bagaimana masyarakat tertarik atau berminat terhadap perpustakaan tersebut.” Ujar Pak Yiyi.

Tiga hari memang bukan waktu yang cukup untuk mempelajari mengenai tektek bengek ilmu perpustakaan. Namun setidaknya dengan kegiatan ini, para relawan memiliki pengalaman dan gambaran untuk meningkatkan pengadministrasian  di TBM aiueo Komunitas Ngejah serta mampu meningkatkan layanan kepada masyarakat sekitar yang senantiasa mau memanfaatkan keberadaan TBM aiueo Komunitas Ngejah.

Penulis:

Ai Erviani (Relawan TBM aiueo Komunitas Ngejah, tinggal dan menetap di Desa Singajaya)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?