Whatsapp-Button

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

0

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

15 Juli 2010, dikukuhkan sebagai hari lahir Komunitas Ngejah. Setiap tahun, pada tanggal tersebut acara syukuran dan refleksi gerakan digelar di Saung Komunitas Ngejah. Doa bersama bagi keberlanjutan dan keberkahan gerakan literasi yang diusung, potong tumpeng, dan yang tidak kalah pentingnya adalah ruang kreasi anak-anak Ngejah Junior, selalu menjadi sajian.

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

Pada awal Juli 2023, acara yang sama sudah dirancang oleh Pengurus Komunitas Ngejah, namun sebelum tanggal 15, chat wa dari Mba Atika (Perwakilan Penerbit Erlangga) masuk melalui wa Ruli Lesmana, Sekretaris Komunitas Ngejah. Pesan tersebut menyatakan adanya rencana dari Solidaritas Erlangga dan Penerbit Erlangga untuk mengajak Komunitas Ngejah bekerjasama menggelar Hari Anak Nasional. Ajakan tersebut langsung disambut para Pengurus Komunitas Ngejah. Pada perekmbangannya, semua pengurus sepakat untuk menggeser peringatan HUT Komunitas Ngejah yang ke-13, dan diintegrasikan dengan peringatan HAN dan Giat Literasi Erlangga.

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

Meski sempat nyasar, bada isya pada 22 Juli, sepuluh orang perwakilan penerbit Erlangga dari Jakarta tiba di Saung Komunitas Ngejah. Diiringi angin malam, ngobrol santai dan rapat persiapan sebagai finalisasi konsep digelar. Di antara percakapan tersebut, diketahui bahwa Irving William P.W. selaku Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, berharap bahwa sasaran kegiatan Erlangga Giat Literasi diprioritaskan dilaksanakan di daerah-daerah pelosok di Indonesia. Lebih lanjut Opik & Roni Nuroni selaku Pengurus Komunitas Ngejah juga memberikan laporan terkait persiapan yang sudah dilakukannya: seperti Kerjasama dengan HIMPAUDI Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya & HIMPAUDI Singajaya Kabupaten Garut dalam urusan rekrutmen peserta kegiatan, pemilihan lokasi kegiatan yang disepekati digelar di M.Ts Riyadlul Huda, dan beberapa tambahan acara dari konsep umum yang dibuat oleh Tim Erlangga.

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

Keesokan harinya, yakni pada tanggal 23 Juli, sekitar pukul 08.00 WIB, para peserta gebyar mewarnai sudah memenuhi halaman M.Ts Riyadlul Huda. Tidak kurang dari 110 orang siswa PAUD dan SD kelas bawah dari dua kecamatan, yakni Bojonggambir dan Singajaya hadir ditemani guru-gurunya. Setelah penampilan pembacaan puisi dari Alya dan Fajri serta penampilan angklung dari Ngejah Junior. Kegiatan pembukaan pun dilaksanakan. Adapun sambutan dari pihak Erlangga, diwakili oleh Husnul, perwakilan Erlangga Garut, yang datang bersama dua temannya pada hari h kegiatan. Dalam sambutannnya ia menegaskan bahwa sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan, Erlangga memiliki fokus tersendiri untuk memajukan literasi anak-anak Indonesia. “Kerjasama demi Kerjasama akan terus kami lakukan, dalam menguatkan gerakan literasi yang dilakukan para pihak” imbuhnya, sebelum menutup sambutannya dan kemudian menyerahkan bantuan buku kepada pihak Komunitas Ngejah. Sementara itu, Opik selaku Ketua Komunitas Ngejah, menegaskan bahwa salah satu upaya ril yang ia lakukan bersama teman-temannya dalam rangka menemani anak-anak sekitar tumbuh dengan optimal adalah dengan membuka akses literasi selebar-lebarnya. Beragam bahan pustaka sengaja disediakan untuk kebutuhan masyarakat terutama anak-anak. “Terima kasih kepada pihak Erlangga yang sudah bekerjasama dengan kami dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, dan menguatkan peran kami dalam membuka akses literasi untuk anak-anak” Pungkasnya.

Erlangga Giat Literasi, HAN & Hari Jadi Komunitas Ngejah

Selepas kegiatan gebyar mewarnai selesai, anak-anak dihibur oleh penampilan story telling Kak Ryan yang sengaja hadir bersama Erlangga Jakarta. Menariknya, story telling yang ia sampaikan berdasarkan buku cerita bergambar yang sengaja ditunjukkan kepada anak-anak.

Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?