Whatsapp-Button

Kembali Ke Cipariuk

0

Iwan Ridwan (Koord. GKM) Membagikan Buku
Iwan Ridwan (Koord. GKM) Membagikan Buku

Bertepatan dengan hari buku nasional,  Minggu 17 Mei, Komunitas Ngejah kembali menggelar Gerakan Kampung Membaca Komunitas Ngejah untuk episode #31.  Lokasi kegiatan merupakan lokasi yang pernah dikunjungi sebelumnya, yaitu Kampung Cipariuk Desa Sukawangi Kec. Singajaya Kabupaten Garut. Di lokasi yang ini juga, Ramadhan tahun kemarin kegiatan kami diabadikan oleh tim metro TV yang kemudian kami ketahui untuk program Kick Andy On Location. Kembali berkunjung ke Cipariuk, berarti kembali bertemu Ajengan Juma, beserta segala perjuangannya. Pukul 13.00 WIB, kami tiba. Ajengan Juma sudah Nampak siap-siap untuk mengajar anak didiknya. Setelah mengetahui kedatangan kami, beliau segera menyambut, mempersilahkan kami menunggunya di rumah, sementara beliau membimbing anak didinknya untuk masuk ke madrasah. Sekitar 30 menit, Ajengan Juma memberikan pelajaran tentang Al-quran kepada anak didiknya. Hal itu kami ketahui dari pengeras suara yang disimpan di menara masjid. Selanjutnya, beliapun menemui kami, dan mempersilahkan kami melangisi kegiatan di madrasah. Namun sebelum kami, melaksanakan kegiatan, kami sempat bercakap-cakap dengan beliau, ihwal pekerjaannya sebagai mandor di kebun the, proses pembangunan madrasah, hingga keresahannya karena sudah merasa tua sementara anak bungsunya yang ia gadang-gadangkan untuk melanjutkan tugas sucinya mengajar ngaji, malah berpikir untuk tidak pulang ke kampung karena guru ngajinya menghendaki ia untuk ngajar di pesantren.

Dede Rofie (Koord. Relawan) Membimbing Peserta GKM
Dede Rofie (Koord. Relawan) Membimbing Peserta GKM

Kembalinya kami ke Cipariuk tak lain untuk bersilaturahmi dan juga menyuntik motivasi diri untuk terus bergerak melanjutkan kegiatan, mengingatkan diri dan juga anak-anak dan remaja Cipariuk tentang pentingnya membaca. Alhamdulillah, kedatangan kami disambut dengan baik. Para peserta GKM terlihat sangat antusias sekali mengikuti tahap demi tahap kegiatan yang disuguhkan oleh para relawan Komunitas Ngejah, mulai dari kegiatan penyampaian motivasi belajar yang disampiakan oleh saya sendiri, kegiatan mendongeng, game edukasi sampai pada tahap membaca bersama. Dongen pada GKM kali ini, dibawakan oleh Kang Nero selaku nahkoda dari komunitas ngejah. Kali ini didongeng yang dibawakanya mengenai legenda situ bagendit yang berada di kabupaten Garut. Sebuah pesanpun mengalir, tentang keharusan berbagi dengan lingkungan. Selain itu, salahseorang relawan yakni Maman Rusman menambah keceriaan anak-anak dengan permainan edukasinya.

Opik Mendongeng pada Kegiatan GKM
Opik Mendongeng pada Kegiatan GKM

Satu jam berlalu kegiatan berlanjut ke agenda selanjutnya yakni kegiatan ini, yaitu membaca bersama. Sesi ini biasanya dilakukan kurang lebih selama satu jam, namun karena keterbatasan waktu, kegiatan ini dibatasi hanya dilakukan selama 30 menit. Tim GKM mempersilahkan para peserta untuk memilih buku sesuai selera masing-masing peserta. Karena para peserta GKM hampir semuanya berada pada usia SD dan SMP, buku yang disajikam pun disesuaikan dengan kebutuhan usia mereka. Setelah itu, para peserta dibimbing untuk membaca bersama sesuai waktu yang telah ditentukan. 30 menit terasa sangat sebentar. Meski anak-anak masih terlihat bersemangat, acara harus segera diakhiri karena sudah memasuki waktu Shalat Ashar. Setelah itu kegiatan ditutup dengan doa dan photo bersama. Selepas menunaikan kewajiban sholat Ashar, kami pun berpamitan kepada anak-anak dan kepada Ajengan Juma.

Penulis, Iwan Ridwan

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?