Whatsapp-Button

Peringatan Hari Pahlawan Nasional di MI Riyadlul Huda

0

Bung Tomo“Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para pahlawannya” Begitulah presiden  pertama republik ini berujar. Tidak berlebihan memang, karena pahlawan merupakan merupakan bagian penting dalam tercapainya kemerdekaan bagi sebuah bangsa tidak terkecuali bangsa Indonesia. Banyak negara menetapkan dan memperingati hari pahlawan dengan merujuk pada sejumlah peristiwa penting tentang perjuangan bangsanya, semisal kelahiran pahlawan yang dianggap paling berjasa, pertempuran hebat dan peristiwa penting lainnya. Oleh karena itu setiap Negara tentunya memiliki waktu yang berbeda dalam memperingati hari pahlawan. Di Namibia hari pahlawan diperinati setiap tanggal 26 Agustus, yang menandai awal perjuangan bersenjata selama Perang Kemerdekaan Namibia. Hari Pahlawan Nasional Angola jatuh pada tanggal 17 September, bertepatan dengan kelahiran Agostinho Neto. Sementara Di Indonesia, hari pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Hal ini merujuk pada peristiwa Pertempuran Surabaya antara milisi nasionalis Indonesia dan Sekutu, yang merupakan konflik bersenjata berskala besar pertama antara Indonesia dan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

IMG00754Di Indonesia, peringatan hari pahlawan biasanya dilakukan dengan menggelar upacara bendera. Selain itu, ada juga kegiatan-kegiatan lainnya yang sengaja dilaksanakan untuk mengingat dan mengapresiasi tentang betapa pentingnya perjuangan para pahlawan dengan tujuan untuk meningkatkan jiwa patriotism dan nasionalisme. Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Huda, yang berlokasikan di Kampung Sindangsari, Desa Sukawangi, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut. Senin 10/11/2014, madrasah ini mengadakan acara nonton bareng film yang berhubungan dengan peringatan hari pahlawan. Film tersebut berjudul Soekarno. Film tersebut menceritakan tentang perjuangan Soekarno dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelum acara nobar dimuali, seluruh siswa yang terdiri dari kelas IV,V, serta kelas VI terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya secara hidmat. Irna Zakiya salah seorang siswa yang masih duduk di bangku kelas V mengaku sangat terharu sekali menyaksikan film soekarno ini, saking sedihnya, sampai-sampai ia harus mengeluarkan air mata. Pengalaman yang paling berkesan bagi mereka adalah ketika dapat mendengar suara Soekarno asli yang terdapat dipenghujung film, yakni saat Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah acara selesai seluruh  siswa serentak menyanyikan lagu yang berjudul “Gugur Bunga karya Ismail Marjuki” sebagai bentuk do’a sekaligus penghormatan terhadap para pahlawan indonesia.

Penulis:

Iwan Ridwan (Bergiat di Komunitas Ngejah, guru MI Riyadlul Huda)

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)

Hello!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami gerimisculamega@yahoo.co.id

Admin1 Komunitas Ngejah
+6282216084103
Admin2 Calon Desain
6281585398339
Call us to +6281585398339 from 0:00hs a 24:00hs
Halo! Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?
×
Apa yang bisa saya bantu?